Desa Wisata Limbo Wolio di Kota Baubau Masuk 50 Besar ADWI 2022

SILANEWS-Seluruh masyarakat desa Buton diharapkan dapat mempertahankan kelestarian dan keberlanjutan Desa Wisata Limbo Wolio yang berada di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara .

Desa Wisata Limbo Wolio yang berada di puncak bukit Kota Baubau memiliki benteng terbesar di dunia dengan luas 23,3 hektare.

Benteng tersebut telah tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan Guinness Book of World Record pada 2006.

Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara untuk visitasi Desa Wisata Limbo Wolio yang masuk ke dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesi (ADWI) 2022, pada Rabu (8/6/2022).

"Desa Wisata Limbo Wolio ini merupakan lokasi benteng terluas di dunia, kita harus jaga, kita harus lestarikan. Dan memang untuk menjaganya ini melibatkan masyarakat, pemerintah, dan seluruh unsur pentahelix," kata Menparekraf Sandiaga.

Benteng Wolio awalnya dibangun oleh Raja Buton III, bernama La Sangaji, yang bergelar Kaimuddin pada abad ke-16.

Benteng tersebut hanya dibangun dalam bentuk tumpukan batu karst yang disusun mengelilingi komplek istana, serupa pagar pembatas antara komplek istana dengan pemukiman masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan.


Youtube